Saturday, April 12, 2014

Bismillah - Milah Milih Malih (easy)





1936 Saka – 2014 M  Indonesia Nusantaraku
Langit cerah terlihat waktu sore hari ketika saya sedang menyiapkan alat-alat pancing di depan rumah kontrakan saya di tengah kebun mlinjo di banguntapan, eeee muncul teman saya dengan sepeda motor Jadul kebanggaannya.

“Mau mancing mas?” sapa teman saya sambil menstandarkan sepeda motor jadul kesayangannya itu.

“Iya om, mumpung langite padhang” jawab saya.

“Ada apa om?, kok kadingaren nongol sore-sore, biasane jam 12 bengi lagi njedhul je” tanyaku sambil mengambil ember kecil dan tas pancing yang sudah siap grak untuk beraksi.

“he he he mau nanya soal desain mas” jawabnya

“kalau begitu kita ngobrol sambil mancing aja om” kata saya, yang langsung dijawab “Okey”

Akhirnya kita berdua berboncengan naik motor jadul menuju target area pancing favorit, yaitu  sepanjang  Kalikuning didekat candi Sambisari.

Dalam perjalanan ke kalikuning, teman saya bercerita bahwa dia sedang bingung memilih kata yang tepat untuk desain buku yang sedang dibuatnya dan harus segera terbit tahun ini juga. Dia ingin menggunakan sengkalan tahun yang pernah saya buat, tapi dia bingung memilih antara Semut Geni Manjing Nata (1936) dan Caturanku Ora Mbolak-Mbalik (2014 M).

Sesampainya di lokasi, kita menuju ke tempat favorit saya, sebidang tanah kecil yang menjorok ke tengah sungai dan ada pohon bambunya sangat lebat. Lalu sambil memancing saya tanya ke teman saya  tentang apa yang dibingungkan dengan 2 sengkalan itu? Toh keduanya sama sama menunjukkan tahun ini juga.

Dia menanyakan : “ pantes yang mana ya mas?”.

Sambil tersenyum saya mencoba menerangkan kepadanya bahwa memang sangat sukar memilih diantara 2 hal yang baik. Akan lebih gampang dan enak jika kita dihadapkan pada pilihan antara 2 hal yang satu baik dan satunya lagi kurang baik. Apalagi antara baik dan buruk atau benar dan salah, meskipun kebenaran dan kesalahan itu sangat relative.

“Semua tergantung njenengan mas.. kalau suka yang populis, maksudnya banyak dikenal orang atau yang jamak dipakai masyarakat umum ya pakai yang tahun masehi 2014 M (Caturanku Ora Mbolak-mbalik), tapi kalau suka yang agak kuno tapi berbau sejarah budaya kita sendiri, ya pakai yang tahun 1936 Saka (Semut Geni Manjing Nata) toh keduanya sama sama menunjukkan angka tahun sekarang. Ditulis dua-duanya juga nggak ada salahnya”. Sambung saya, meneruskan  keterangan tentang memilih angka tahun untuk desain buku teman saya. 

“Easy kan…? He he he” kata saya.

“eee iya yaaa kalau dirasa-rasa gampang yoo… tapi kalau dipikar-pikir malah angel....  Wah kalau begitu, dua-duanya saja akan saya pakai mas. Untuk cover depan dan belakang, atau bisa saya tempatkan di cover depan semuanya. Malah nggaya to mas.. Ya populis tapi yo tidak meninggalkan kebudayaan sendiri”. Sahut teman saya dengan wajah sumringah.
“lha ya gitu aja bagus to om.. gitu aja kok repoot” kata saya sambil menirukan gaya Gus Dur.

“Jika kita milih salah satu atau kita kebetulan dihadapkan pada suatu pilihan apapun, itu artinya kita  harus punya alasan dan harus siap dengan konsekuensinya”. kata saya.

Sesekali mata saya tertuju ke kambangan pancing saya yang dari tadi belum bergerak-gerak, sayapun meneruskan jawaban saya : “ ini sebagai wacana pertimbangan njenengan om, dalam Sengkalan 1936 Saka itu dimulai dengan angka 6, yang diwakili dengan kata Semut, bisa saja dimaknai dengan masalah Semut yang berkaki 6. Kita ini bisa belajar banyak dari kehidupan hewan di sekitar kita. Semut itu makhluk yang punya tatanan sosial dan persaudaraan yang bagus, apalagi jika ini semut geni,berarti semut yang punya kekuatan lebih dari semut yang lain. Berarti meskipun kecil, tapi punya wibowo”.

“Sengkalan 2014 M, berarti diawali dengan angka 4, yang diwakili dengan kata catur/omongan, Caturanku Ora Mbolak-Mbalik bisa saja dimaknai dengan masalah Tutur Kata atau lebih luas lagi tentang perilaku. Manusia itu dalam kehidupan social, jika tutur katanya bagus, santun & murah senyum, tidak mbolak-mbalik, biasanya dia itu orang yang baik dan akan dicap oleh masyarakat sebagai orang yang baik. Berarti dia akan selamat dan sejahtera. Dalam bahasa jawa disebut widodo”. Sambung saya.

Teman saya menyela “ walaah kok kayak bicara filsafat kehidupan to mas. Lha ini bicaranya malah nyrempet-nyrempet pemilu, He he he”.
“Ini lho… saya juga ikut berpartisipasi mas” sambung teman saya sambil menunjukkan jari kelingkingnya yang ujungnya membiru kena tinta.

Saya hanya tersenyum sambil menunjukkan jempol saya yang juga membiru, dan tiba-tiba kambangan saya bergerak-gerak, dengan cepat saya angkat joran pancing saya dan “uhuiiii entuuuk” sambil terus memutar kerekan pancing saya. Begitu saya angkat, eeeh saya mendapat ikan nila kecil sekitar dua jari besarnya. 

“Lumayaan” seru teman saya sambil senyam senyum (rada ngece ketoke).

“Ayo diteruske mas critane sing nyrempet-nyrempet tadi…” pinta teman saya.

“Crito sing endi?” jawab saya sambil  pura-pura mbodhoni (asline saya bingung, tak teruske crito opo ora yo? Apa harus saya alihkan pembicaraan ke masalah lainnya saja yaaaa…).

Setelah saya pasang umpan lagi dan melemparnya agak ke tengah sungai, akhirnya saya meneruskan obrolan dengan teman saya. “Saya ini cuman suka dolanan kata kok om,  bagi saya, segala sesuatu itu bisa ditafsirkan dari segala sudut, namun alangkah baiknya jika ditiap sudut itu dilandasi dengan Khusnu Dlonn. Jangan sampai kita malah kayak orang yang bingung dan tergesa-gesa, Kesusu/kemrungsung di perempatan jalan” sambung saya.

“Maksudnya gimana mas?” tanya teman saya.

Lalu saya terangkan masalah kemrungsung di perempatan jalan, kalimat-kalimat yang sering kita dengar ada 3 kalimat :
  1. Kebacut Abang, karena kita gak cepet cepet
  2. Mumpung Kuning, lalu kita tergesa-gesa tancap gas
  3. Selak Ijo, ini biasanya kalau kita nyetir sambil telpon atau ungkapan para pengamen dan pengemis jalanan.
“ha ha ha ha sampeyan ki malah guyon” kata teman saya sambil mesam mesem.

Saya lanjutkan  omongan saya sambil tersenyum “ Dengan selalu Khusnu Dlonn maka kita tidak akan mudah mencela, bahkan menjelek-jelekkan orang lain, terutama para pemimpin kita atau bahkan para calon pemimpin kita nanti”.

“Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang suka mengejek orang lain, apalagi yang diejek pemimpin bangsa kita sendiri. bayangkan kalau dilihat tetangga-tetangga, kemudian mereka ikutan ngejek. Sakit hati juga kan kita?” tanya saya.

“Faktanya adalah para pemimpin dan para calon pemimpin bangsa kita ini seperti Pak Karno, Pak Syafruddin, Pak Asaat, Pak Harto, Pak Habibie, Gus Dur, Bu Mega, Pak Susilo, Pak Prabowo, Pak Wiranto, Pak Abu Rizal, Pak Joko Wi, Pak Surya Paloh, Pak Mahfud, Bang Rhoma, Pak Dahlan, Pak Gita Wiryawan, Pak Anies dan lain-lainnya masih lebih dikenal dan masih lebih banyak yang mencintai dan mendukung mereka daripada kita-kita ini. Apa pantes kita mengklaim diri kita lebih baik dari mereka?”. Sambung saya.

“Iya ya mas, jumlah teman-teman saya kalau dihitung hitung dari SD sampai Kuliah paling banyak cuman 400 orang, itu saja sudah banyak yang lupa, barangkali juga tidak suka sama saya he he he he” kata teman saya karo ngguya-ngguyu dhewe.

Kembali saya bercerita kepada teman saya tentang sejarah Indonesia. “Dengan membacanya didasari Khusnu Dlonn, maka semua akan menjadi Do’a yang baik di kemudian hari. Namun jika selalu saja kita ini ber Su’u Dlonn, maka akan jadi harapan yang tidak baik nantinya”.

Berkaitan dengan hal sengkalan, Jika kita memandang 2 sengkalan Semut Geni Manjing Nata (6391) dan Caturanku Ora Mbolak Mbalik  (4102) dari sudut pandang dinamika politik sekarang, maka pilihan kita kan hanya masalah Widodo & Wibowo entah siapapun figurnya nanti. Toh Negara Indonesia ini sudah pernah mengalami Negara yang Wibowo dan pernah juga menjadi Negara yang Widodo. Sekali lagi, semua pilihan ada konsekuensinya.

Wibowo - ( berwibawa / disegani) : Jaman Presiden Soekarno Negara kita ini disegani oleh negara-negara di seluruh dunia. Presiden kita sangat dihormati di kancah internasional. Karena punya bargaining yang kuat di berbagai bidang. Dan didalam negeri sendiri, pemimpinnya sangat dicintai oleh rakyatnya karena sangat berfihak kepada rakyat dan mendorong rakyatnya untuk mandiri, belajar dulu hingga mampu mengelola sumber daya alamnya sendiri tanpa campur tangan orang luar. Maka modal asing tidak boleh masuk sebelum rakyat ini pinter. 

Konsekuensinya adalah : Orang=orang asing yang punya kepentingan tertentu dan tidak bisa mencapai tujuannya akan berusaha dengan segala cara, bahkan dengan cara agresi militer, embargo dll. 

Kewibawaan Republik Indonesia itu dipertahankan dengan segala cara oleh Presiden Soekarno dengan memberikan mandat kepada Presiden Syafruddin Prawiranegara (ketika PDRI karena terjadi agresi militer Th 1948) dan oleh Presiden Mr. Asaat (pada waktu RIS, Presiden Soekarno menjabat Presiden RIS &  Presiden Asaat menjabat presiden RI Th 1949).

Widodo – (Selamat, Sejahtera, aman). : Jaman Presiden Soeharto, Negara kita mengalami pembangunan yang pesat, makmur, aman sejahtera, mampu swasembada pangan dan lain-lain. Sangat wajar jika beliau disebut bapak pembangunan Indonesia. Bahkan Presiden kita juga mendapat julukan The Smiling General Karena murah senyum, dan harus diakui bahwa pada jaman itu relative aman dan sejahtera, murah sandang murah pangan. Sampai sekarangpun kita masih mendengar para petani terutamanya masih sangat ingat dengan Pak Harto. 

Konsekuensinya : Karena Kita banyak membuka peluang Investasi modal  asing masuk ke  Indonesia, maka kita banyak disetir oleh orang asing di berbagai bidang dan kurang disegani oleh Negara lain. Maka ekonomi Negara kita sangat mudah diombang-ambingkan oleh orang asing dari negeri lain ketika kepentingan mereka mulai terganggu.

Lalu bangsa kita ini sadar akan kekurangan-kekurangan dari masa lalu, muncullah reformasi yang melahirkan pemimpin-pemimpin yang berusaha menata ulang pondasi bernegara kita, yang tidak hanya ber-widodo tapi harus juga ber-wibowo. Kita semuapun sangat menginginkan begitu.

15 tahun lebih dibutuhkan untuk menata pondasi-pondasi itu agar kuat dibangun diatasnya sebuah Negara yang Makmur dan Berwibawa (Kartosuro). Dimulai oleh Presiden BJ Habibie, Presiden Gus Dur, Presiden Megawati dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono maka sampailah kita di “Suryo Katon Ing Gapuro Projo” itu cuman istilah Genk Kobra lho om he he he.

“ah ada-ada saja mas… mumet saya yen kon mikir masalah itu. Terus besuk itu milih siapa mas?” tanya teman saya sambil melirik.

“ yo jelas kayak lagu Pari GoGo to… “ jawab saya sambil nyanyi

Milih nganggo ati, yen kowe ra ngerti, ndak ngisin isini

Yuk dipikir dhisik, nganggo ati resik, ben hasile apik.

Ojo podho nekat, kancane sak brayat, mesthine sepakat.

Ojo sok tukaran, rumongso menangan, ngrusakke tatanan.

“ wis ah…, yuk… wis surup, kita pulang aja om”  kata saya mengingatkan teman saya.

“Ayo mas.. nanti malem kita teruskan ngobrol di warung sebelah mas, tak traktir pokoke…. Saya nanti makan milih nganggo ati, koyok sampeyan” kata teman saya.

“siiip aku tak nganggo cucuk wae” jawab saya.

“Weeeladalah kok malih meneh, pakai lauk kepala maksude yang ada cucuknya?” timpal teman saya.

“Maksudkuuu…. mumpung ditraktir aku tak nyucukke sing jajan kuwi lhooo” jawabku sambil tersenyum.

“Ooooooalaaah Okeee” sahut teman saya. “lha ikan kecil yang didapat tadi ya dibawa pulang mas?” tanyanya lagi.

“Ya iya dong… itu kan rezeki, Ikan nila dari Kalikuning ini meski hanya sebesar dua jari tapi itu pemberian sing mbaurekso kali jeee” sahutku sambil tertawa.

Kamipun berboncengan pulang, di perempatan Blok O kami berpapasan dengan Om Dodo dan Om Bowo berboncengan motor sambil bawa pancing. Kelihatannya habis mancing juga. Sayapun ber salaaman karena pas berhenti di lampu Merah dan kebetulan berdampingan dengan motor kita.

“Monggo ooom” seru saya.

“Yo leeee..” jawab mereka serempak

Bismillah Milah Milih Malih (gampang to)

Adpt Genk Kobra mulih mancing karo kancane.
Malih dalam bahasa Jawa ngoko berarti "Berubah/berganti".  
Malih dalam bahasa Jawa Krama berarti "Lagi"

16 comments:

Unknown said...

christian louboutin sale
longchamp outlet
red bottom shoes
tory burch shoes
soccer jerseys
michael kors uk
cheap oakley sunglasses
michael kors outlet
kate spade
jordan 11 columbia
insanity dvd sale
louis vuitton
celine bag
michael kors outlet online
louis vuitton handbags
burberry handbags
fitflop
true religion outlet online
ed hardy outlet store
tods sale
jordan retro 11
dior outlet
tory burch handbags
ray ban eyeglasses
michael kors
hermes belts
fake oakleys
chanel no 5
polo outlet
michael kors handbags
michael kors
toms.com
adidas outlet store
jordan retro 3
gucci outlet
20150629xiong

Wenhao Guo said...

ddddd0924mac cosmetics,m a c cosmetics,mac makeup,maccosmetics.com,mac cosmetics outlet
ugg boots, http://www.uggbootscheap.eu.com/
cleveland cavaliers, http://www.cavaliersjerseys.net/
barcelona jersey, http://www.barcelonajerseys.net/
seattle seahawks, http://www.seattleseahawksjersey.us/
pandora charms, http://www.pandorajewelryoutlet.us.com/
ralph lauren, http://www.poloralphlaurenoutlet.it/
oakley sunglasses cheap, http://www.oakleysunglasses-wholesale.us.com/
prom dresses, http://www.cheap-weddingdresses.net/
manchester united jersey, http://www.manchesterunitedonline.com/
air jordan 4 retro, http://www.airjordan4.org/
cheap mlb jerseys, http://www.cheapmlbjerseys.us.com/
san francisco 49ers, http://www.sanfrancisco49ersjerseys.us/
puma sneakers, http://www.pumaoutletonline.com/
pandora charms, http://www.pandora.eu.com/
ghd hair straighteners, http://www.ghdhairstraightenerssale.co.uk/
ray ban, http://www.occhiali-rayban.it/
cheap oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassescanada.com/

风骚达哥 said...

20151014 junda
Canada Goose,Canada Goose Outlet,Canada Goose Jackets,Canada Goose Sale
michael kors outlet
true religion jeans
michael kors handbags
Michael Kors Outlet Sale Clearance
michael kors outlet
canada goose jackets
cheap jordans,jordan shoes,cheap jordan shoes
Abercrombie T-Shirts
Jordan 6 Rings Powder Blue
michael kors outlet
coach outlet online
michael kors outlet
canada goose outlet
ugg boots australia
Cheap Jordans For Sale Wholesale
Mont Blanc Legend And Mountain Pen Discount
Hollister Clothes for Girls Website
canada goose outlet
Wholesale Authentic Designer Handbags
Official Coach Factory Outlet Online Sale
Abercrombie & Fitch Factory Outlet
timberland boots for women
ralph lauren
canada goose outlet online
fit flops
Air Jordan 4 Toro Bravo
michale kors outlet
Abercrombie And Fitch Kids Online
ugg boots

mmjiaxin said...

michael kors outlet online
prada outlet online
hollister clothing
canada goose outelt
parajumpers outlet
air jordan 11
nfl jersey wholesale
ray ban outlet
rolex watches,rolex watches,swiss watches,watches for men,watches for women,omega watches,replica watches,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex
canada goose jackets
nike foamposite
ugg boots
louis vuitton handbags outlet
michael kors handbags
tory burch outlet online
ray-ban sunglasses
cheap soccer jerseys
tods outlet
prada outlet
miami heat
mm1024

Apotek Herbals said...

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

xumeiqing said...

151224meiqing
louis vuitton outlet
gucci handbags
louis vuitton handbags
fitflops sale clearance
michael kors outlet stores
michael kors outlet
polo ralph lauren
michael kors outlet online
michael kors handbags
giuseppe zanotti sneakers
ugg boots
retro jordans
oakley sunglasses wholesale
fake oakleys
ralph lauren sale
hollister co
canada goose outlet
uggs australia
ugg outlet
hollister outlet
louis vuitton purses
prada uk
toms outlet
uggs clearance sale outlet
michael kors outlet
abercrombie clothing
michael kors uk
ugg outlet store
louis vuitton
cheap oakley sunglasses
mulberry handbags
ugg boots sale
the north face
ugg slippers
abercrombie
ugg boots for men
uggs sale
michael kors outlet online
abercrombie
air max 95

方松腾 said...

coach outlet
hermes outlet online
air jordan 13 free shipping
louboutin uk
mulberry handbags
air force one shoes
longchamp handbags
louis vuitton outlet store
oakley sunglasses
ghd hair straighteners
ugg outlet
nike air max
oakley
tory burch outlet
ray ban
roshe run women
kate spade handbags
ralph lauren polo shirts
louis vuitton handbags outlet store
michael kors handbags,michael kors outlet,michael kors,kors outlet,michael kors outlet online,michael kors outlet online sale,michael kors handbags clearance,michael kors purses,michaelkors.com,michael kors bags,michael kors shoes,michaelkors,cheap michael kors

aksawy said...

تخزين اثاث
شركة تخزين اثاث
تخزين اثاث
شركة تقل اثاث
شركة نقل اثاث
شركة الاختصاصي
شركة الاختصاصي
شركة نقل اثاث بالرياض

chenlina said...

chenlina20160219
soccer shoes
ugg sale
longchamp outlet
gucci handbags
toms outlet
tods outlet online
cheap air max
louis vuitton handbags
timberland outlet
michael kors outlet
p90x
michael kors outlet online
oakley sunglasses
louis vuitton outlet
abercrombie outlet
air jordans
ray ban sunglasses outlet
oakley sunglasses
ray ban sunglasses outlet
chanel outlet
ray ban wayfarer
coach factory outlet
michael kors outlet online
louis vuitton outlet
the north face
ugg outlet
ugg outlet
ugg boots
burberry outlet
michael kors outlet online
polo outlet
ugg outlet store
canada goose outlet
lebron shoes
replica watches
louis vuitton handbags
cheap ray ban sunglasses
canada goose outlet
oakley outlet
tory burch handbags
as

chenlina said...

chenlina20160329
tods outlet online
louis vuitton purses
cheap jordan shoes
hollister kids
jordan 3 retro
louboutin shoes
christian louboutin outlet
ray ban sunglasses outlet
louis vuitton bags
oakley sunglasses
nfl jerseys wholesale
michael kors handbags
ralph lauren
christian louboutin shoes
ralph lauren outlet
jordan retro 13
canada goose outlet
christian louboutin
oakley outlet
kate spade outlet
montblanc pens
coach outlet store online
kate spade handbags
asics outlet
uggs for women
jordan 11
canada goose outlet
michael kors bags
coach outlet
coach factorty outlet
nike air max
ghd hair straighteners
fitflop shoes
toms outlet
michael kors handbags
kevin durant 8
canada goose outlet
lebron 13
kate spade handbags
polo ralph lauren
as

Xiaozhengm 520 said...

2016-4-19 xiaozhengm
louis vuitton outlet
coach outlet
michael kors handbags
toms
michael kors outlet online
louis vuitton outlet
tiffany outlet
michael kors outlet online
louis vuitton handbags
coach factory outlet
asics outlet
gucci outlet
replica watches for sale
true religion outlet
nike basketball shoes
toms
louis vuitton
true religion outlet
polo ralph lauren outlet
abercrombie
oakley sunglasses
abercrombie & fitch
michael kors handbags
jordan shoes
toms shoes
rolex watches
michael kors outlet
louis vuitton handbags
coach factorty outlet
ray ban sunglasses
fitflop sandals
beats wireless headphones
nike air max
designer handbags
coach outlet
michael kors outlet clearance
polo ralph lauren
michael kors outlet clearance
louis vuitton bags
michael kors outlet

Chen Jeje said...

fitflops clearance
cheap air jordan
nike huarache sale
toms outlet
cheap jerseys from china
michael kors outlet
nfl jerseys
yeezy boost 350
tiffany and co jewellery
jordan retro
kobe shoes
michael kors outlet store
michael kors outlet online
jordans for cheap
ray ban sunglasses outlet
http://www.chromehearts.com.co
discount sunglasses

Hua Cai said...

michael kors handbags clearance
oakley sunglasses
longchamp outlet
swarovski crystal
longchamp outlet
tiffany and co
true religion outlet
nike huarache
ghd uk
christian louboutin uk
coach outlet canada
ralph lauren
mont blanc outlet
calvin klein outlet
michael kors outlet store
lacoste shirts
longchamp pas cher
louis vuitton bags
bottega veneta outlet
polo ralph lauren
louis vuitton neverfull
football shirts
oakley sunglasses
ralph lauren polo shirts
longchamp handbags
louis vuitton neverfull sale
mulberry outlet,mulberry handbags outlet
true religion jeans
soccer jerseys
air max 90
true religion jeans
fitflops uk
air max 90
hermes belt for sale
coach outlet
20160618caihuali

dong dong23 said...

louis vuitton outlet
coach outlet online
celine
cheap ray ban sunglasses
michael kors outlet
cartier watches
ray ban sunglasses
louis vuitton
louis vuitton bags
coach outlet
michael kors outlet
oakley sunglasses
coach factory outlet
cheap oakley sunglasses
coach outlet
michael kors outlet online
coach factory outlet
coach outlet
coach outlet
gucci outlet
michael kors handbags
cheap oakley sunglasses
coach outlet
adidas trainers
tory burch outlet
coach outlet
adidas stan smith
louis vuitton outlet
true religion outlet
michael kors outlet
ray-ban sunglasses
louis vuitton outlet
cheap jordans
oakley sunglasses
basketball shoes
louis vuitton outlet
michael kors outlet
kobe shoes 11
toms outlet
hermes bag
20167.29wengdongdong

raybanoutlet001 said...

michael kors handbags
ghd flat iron
nike roshe run
michael kors handbags
hugo boss sale
nike tn
omega watches for sale
salomon shoes
kobe 9 elite
nike blazer

琐事 said...

michael kors handbags wholesale
cheap nfl jerseys wholesale
instyler max 2
nike huarache trainers
ed hardy outlet
pandora charms
michael kors handbags sale
tiffany and co outlet
lebron shoes
longchamp le pliage