Friday, June 09, 2006

[Gen.K] Perjalanan merangkai Keping - jogja

Rekan,

saya mau cerita laporan pandangan mata dan hati tentang perkembangan jogja paska gempa.

Tanggal 3 Juni, tepat jam 3 pagi, meluncur dari transtv jakarta bersama rekan-rekan transtv yang membawa bantuan dari pemirsa yang dikemas dalam 1 truk kontainer. Rombongan tiba di Jogja jam 2 sore, di daerah jendral sudirman 44, gedung cabang bank mega - Jogja. nah di sini kita ketemu dengan Pak Chaerul Tanjung, pak Ajis dan Pak Sapto (pim cab. bank Mega) untuk melakukan koordinasi awal.

[sebenarnya, keikutsertaan saya di tim ini 'sekedar' meramaikan. Yah anggap saja sebagai latihan menuju ujian yang lebih berat. Mencoba menjadi manusia yang berani dan pasrah menghadapi cobaan...cieeee..]

Karena udah terlanjur malam, kita putuskan untuk berangkat besok pagi. Hari itu kita tertidur di posko kota transtv-bank mega. zzzzzzzzzzzzzzzzzz.....

4 juni 2006, kita bangun pagi-pagi. Berangkat langsung menuju lokasi yang menurut informasi cukup parah karena dilanda gempa. Tepatnya di daerah Bauran-Plered-Bantul. Rombongan berjalan ngebut, mencoba menyeruak di tengah mobil-mobil yang lalu lalang. Keluar masuk daerah gempa. Tapi yang nyebelin banget, banyak mobil-mobil turis wisata gempa yang nggak ketahuan juntrungannya. mereka malah bikin macet, jalan-jalan santai sambil foto-foto di tengah keadaan yang ...gila...ancur banget.

Sepanjang jalan memasuki kabupaten bantul, terlihat kanan-kiri rumah yang hancur lebur. Nggak usah diceritain soal sedihnya, Dahsyat dan memilukan.

Sampai di plered jam 10.00. Kita langsung mendirikan tenda Pleton ukuran 6x14meter. pas di atas sawah kosong di daerah Bauran 2. Nggak nyangka, kita cuma butuh waktu 35 menit buat mendirikan tenda ini (ini berkat latihan berkali-kali sebelumnya di transtv dan halanman bank mega jogja..hehehe). tentu saja kita dibantuin para penduduk korban gempa. Wah hebat banget mereka, ketika tenda berdiri, salah seorang dari penduduk yang kebetulan pengrajin furniture bernama Pak Pardi, menyumbangkan belasan pintu-pintu jati setengah jadi untuk alas! Gila ya....betapa beliau ini baik banget, itu pintu jati kan mahal banget. Dan komentarnya pendek aja :

"tenang mas, pintunya kuat! Nggak bakal dimakan rayap!"

"Apa nggak takut rusak mas?

"hla, kalo rusak ya bikin lagi. Yang penting, teman-teman penduduk bisa agak nyaman kalo tinggal di bawah tenda ini."

...halaahhhh...saya terkaget mendengar alasannya. Suatu cara pikir yang dahsyat sekali. Pak Pardi ini saat ini tinggal di tenda. Karena rumahnya hancur berantakan. Tapi masih sempat-sempatnya menyumbangkan pintu-pintu kayu jati buatannya untuk alas di posko tenda pertama kita. Thanks Pak, Gusti Allah mboten sare...

Jam 13.00. Saya dan Mas Ichwan (PR TranstV), berniat mendirikan Posko Tenda ke 2 di daerah jetis (letaknya nggak begitu jauh dari Plered). Kami memutuskan untuk membuatnya di Ponggok, Desa trimulyo - Kecamatan jetis - bantul. Lengkap banget ya alamatnya...

alasan kami mendirikan dilokasi tersebut, karena lokasi ini belum dijamah oleh para pemberi bantuan. Saya aja bingung dengan para relawan-relawan yang terkonsentrasi justru di lapangan pinggir jalan Jetis. lah buat apa buat posko terlalu banyak dilapangan sepakbola? kenapa nggak mau masuk 'blusukan' ke wilayah yang lebih hancur lagi?

Ah ya sudah, saya nggak berhak mengatur orang...toh akhirnya saya bisa mendirikan Posko tenda ke 2 di Ponggok. Ah, betapa kehadiran kami di tempat itu disambut dengan berbagai macam pertanyaan oleh para penduduk sekitar..

"kok sampeyan mau mendirikan di tempat ini mas? Jalan masuknya kan agak susah?"

"Berapa hari bakal tinggal di sini mas? Masyatakat di dalam sini belum dapat bantuan.."

Saya nggak bisa menjawabnya, yang pasti, saya mendapatkan raut-raut muka penuh harapan dan kebahagiaan. Thx God, nggak sia-sia kami mendirikan posko 2 di tempat ini.

4 Juni 2006, kebetulan kami bertugas mendrop barang-barang sembako dan barang-barang keperluan sehari-hari seperti sabun, senter dsb. Wah, seneng banget bisa menjadi saksi sekaligus membagikan bantuan yang sangat kecil nilainya dibandingkan kerugian yang diderita penduduk di sekitar wilayah ponggok ini. Tiba-tiba saja kita seperti saudara adn telah saling kenal sejak lama. saling membantu dan berpeluh. Hari ini terlewati dengan rasa capek tapi senang banget.

Malamnya, saya pulang ke POSKO Gen.K Communications - POSKO KOATA-KATA yang sudah didirikan sejak hari pertama gempa (27 mei 2006). Saya ketemu lagi dengan Rozi, Joko dan Bahar. 3 Sekawan Gen.K yang menyebut dirinya sebagai KAWANAN (bukan relawan..hahhhahaha). Yah saya dapat ceramah dan nasehat yang banyak dari mereka..terus terang saya heran dengan teman-teman ini. Mereka ini saksi sekaligus korban, tetapi semangatnya luar biasa untuk tetap mencoba berkarya...menjadi KAWANAN yang peduli korban gempa.

"Bung, kalau bisa, bekerjulah sekuatnya, jangan jadi wisatawan!" sindir Mas Joko - genk Kobra yang kelihatan letih setelah seharian bolak-balik mengantarkan sembako.

"Iya, kalo bisa buka posko di pedalaman, tapi jangan lupa, di tengah kota juga banyak korban yang sampai hari ini belum dapat bantuan!" tambah Bahar.

Ah teman-teman sejati, terus terang saya nggak ada apa-apanya dibandingkan mereka yang sudah memutuskan berjihad dengan cara apapun. Semalaman saya tertidur di Posko.

5 Juni 2006, saya balik ke posko Pusat TransTV Bank Mega pas jam 6.30. Saya buru-buru berkemas untuk segera berjaga di posko Ponggok. Gila, capek banget, tapi sesaat tubuh jadi segar lagi, karena tiba-tiba kita dapat bantuan 2 cewek manis, karyawam bank mega yang bakal ngebantuin di Posko. Wuah..ini bakal jadi hari paling indah di Posko Ponggok.

[sialnya, saya lupa nama ke 2 cewek manis ini. Pokoknya , yang satu ini statusnya single, cantik dan merangkap menjadi penyiar siaran bahasa jawa di Jogja TV. hayo tebak...siapa dia? kalo dah tahu, SMS saya ya...hehehe]

hari ini saya mendapatkan pengalaman berharga, tepat jam 12 siang, ada 4 anak gadis kecil (usianya sekitar 6-7 tahun). Seseorang bernama rita, dia menggendong adiknya berumur 1.5 tahun. Tampak terengah-engah dan kecapekan.

Mereka duduk di pinggir tenda, ah saya lalu mendekati mereka dan menyapa mereka satu persatu. Mungkin karena gaya saya yang nggak klop, membuat mereka agak ragu.

"Mau Biskuit dik?" tanya saya kepada mereka.

Gadis kecil yang bernama Rina tampak menatap saya ragu. Ah tipikal gadis kecil kampung, batin saya.

"Saya boleh gendong adiknya ya?" dengan sigap saya gendong adik Rita yang berusia 1.5 tahun. Balita tersebut semula kaget, tapi akhirnya dia menurut ketika saya sodori saya sekeping biskuit.

Lalu saya melangkah mendekati Rita dan teman-temannya.

"Dimakan lho biskuitnya dik"

"Terima kasih"

"Kamu tinggal dimana sekarang?"

Rina menatap saya ragu, tangannya yang kurus menunjukkan sebuah sudut. Sebuah rumah yang telah porak poranda, tampak ibunya berdiri membersihkan sisa-sisa puing.

Saya cuma menghela napas, bisa apa saya ini? Cuma bisa menyanyakan sesuatu dan membuat orang lain bertambah sedih lagi? wah...wah...

Tiba-tiba saya terhenyak ketika memandang dahi rita yang tertutupi poni rambutnya. Ya Allah, betapa banyak bekas luka yang mengering membekas di kepalanya! Berarti..anak gadis ini...?

"Kepala kamu kenapa dik?" tanya saya hati-hati.

Rita menatap saya, lalu dengan lirih, dia berusaha menjawab.

"Rumah saya kemarin rubuh, kepala saya tertimpa kayu."

masya Allah, betapa pedih sekali penderitaan gadis ini. betapa selama beberapa saat lalu saya terlalu buta untuk melihatnya. Ah, saya coba membelai dahinya yang kini 'terukir' bekas luka. Rita yang malang...

Saya terbengong beberapa saat, ternyata kawan-kawan Rita lainnya pun mempunyai tanda luka akibat tertimpa reruntuhan rumah. Wlaupun tidak separah yang dialami rita, tetapi paling tidak, mereka beberapa hari yang lalu pasti sangat menderita.

"Terima kasih ya Om, " Rita tiba-tiba mengangetkan saya. Dia menunjukkan biskuit yang saya berikan ke padanya.

Ah saya nggak bisa bicara, lalu rita meminta Adiknya untuk kembali digendongnya. Dengan tertatih-tatih dan tampak keberatan, ia segera membawanya pergi menjauh dari tenda kami.

Teman, sesaat saya terdiam, menyaksikan semua ini. Sejauh mata memandang yang ada hanyalah rumah yang telah rata dengan tanah. Dan 4 gadis cilik didepan saya berjalan semakin menjauh. Menyesakkan batin saya dengan berbagai pertanyaan sekaligus memberikan saya gelombang kesadaran baru...bahwa saya tidak boleh berhenti.

Rita dan teman-temannya menghilang dari pandanganku. Ah betapa penderitaan ini harus cepat selesai. Sudah saatnya untuk bangkit lagi. Dan semoga mereka tidak menangis lagi.

Salam

Sony Set
0818 936 046
Posko II Transtv - Posko bangunTapan Gen.K
Dusun Ponggok, Desa Trimulyo, kec Jetis - Bantul


Informasi : saat ini, ribuan anak-anak korban gempa Jogja membutuhkan bantuan susu dan KELAMBU untuk melindungi tidur mereka dari serangan jutaan Nyamuk.

Gen.K berkerja sama dengan Kak Wes [aktivis, seniman dongeng jogja) - 0815 799 0989(Rumah Dongeng Indonesia), berniat mendirikan Shelter Khusus untuk Anak. Kami mengharapkan bantuan dari rekan-rekan dermawan untuk mengirimkan tenda-tenda yang nyaman digunakan untuk Anak balita dan Ibu=-ibu menyusui.

Kami telah membuat Shelter utama anak di Posko Gen.K di bangun tapan. Trans TV saat ini juga sudah membuat Posko Shelter untuk anak di Plered dan Ponggok Bantul.

Apabila teman=teman beniat membantu kami, silahkan kirimkan KELAMBU dan TENDA untuk ANAK ke

Posko Gen.K Communications:

Jl. Gatot Koco No.28A Wonocatur, banguntapan, Jogjakarta 55198. Telp. 0274 748 0196 Fax 0274 563326

mari bangun jogja, mari selamatkan anak-anak dari penderitaan mereka.

33 comments:

world champ stephen neal said...

Sony set, set setal. Oye!

Anonymous said...

Titip pesen buat Kenyut:

Kenyut Kobroooo!! pa kabar Nyut? wah terobosan genk kubro untuk mendunia bagus nyut. Piye kabare wes rabi rung?

hahaha, salam dari kami sekeluarga

Labibah dan Aly
plus ponakan: Yasa , Danial dan Zirak
http://serambirumahkita.blogspot.com

tikabanget said...

wah, keren.. ;)
salam dari Captain Jack.. ;)

Gerakan Jogja Bangkit said...

blog info penanganan pasca gempa dari "gerakan jogja bangkit"
silahkan kunjungi blog kami di http://gerakanjogjabangkit.blogspot.com

Gerakan Jogja Bangkit said...

“Gerakan Jogja Bangkit” lahir untuk segera memulihkan mental dan semangat hidup korban gempa. Pada 1 Juni 2006 GJB mulai mendorong kebangkitan mental masyakat melalui siaran di radio Sonora, dan dilanjutkan dengan aksi pemasangan spanduk-spanduk yang membangkitkan semangat rakyat korban gempa bumi di daerah Jogja dan Bantul. Pemasangan spanduk-spanduk tersebut dimulai pada tanggal 3 Juni 2006 bersama Bp. Idham Samawi, Bupati Bantul, di halaman rumah dinas Bupati Bantul. Pemasangan spanduk tersebut juga sebagai deklarasi Gerakan Jogja Bangkit. 120 buah spanduk terpasang di wilayah Yogyakarta dan kemudian menginspirasi banyak elemen masyarakat untuk segera bangkit.

Gerakan Jogja Bangkit untuk sementara beralamat di:

Jl. Swadaya, Gedong Kiwo MJ I 655.

Telp. (0274) 376797, cp: 081578851726, 08174101172, 08122743726, 08164269356, 08121068940, email:gerakanjogjabangkit@yahoo.com

http://gerakanjogjabangkit.blogspot.com

Anonymous said...

Son, Ichwan tau tuch sapa nama cewe bank mega yg lu pengen tau, masa sich lu ga dengar gosip santer, dah rame tuch di seputaran anak2 di transtv, Mas Ichwan lagi pdkt berat ama tuch anak bank mega yg dikenal dia gara2 gempa di yogya. Mas Ichwan dah liat yg lebih cantik dech jadi lupain kita.

Anonymous said...

Mas Ichwan jangan lupain kita ya. Tapi kita doain kok, sapa tau mas berjodoh ama anak bank mega yogya itu, sapa ya namany. Kasih kita kabar ya misal kagak bisa kasih undangan. Gone with the wind.

javalholic - when the rules become nothing! said...

>Anonymous said...
>Mas Ichwan jangan lupain kita ya. >Tapi kita doain kok, sapa tau mas >berjodoh ama anak bank mega yogya >itu, sapa ya namany. Kasih kita >kabar ya misal kagak bisa kasih >undangan. Gone with the wind.

halo bung, mas, mbak, atau siapa saja yang udah comment di atas. Boleh tahu anda siapa ya? Dari transtv? Wah selamat datang deh. Anda di divisi apa?

salam

sony set
0818 936 046

Anonymous said...

Met siang semua... kula nuwun Mas Sony numpang mampir...

Media Informasi saya yakin teman2 semua tahu.. juga punya etika. Saya mohon.. utk meluruskan comment dari Bpk/Ibu/Mas/Mbak/Lady (Whoever u r) Yth.. Comment yg disampekan jangan dech nyinggung tentang urusan pribadi.. rasanya kurang tepat deh diutarakan di forum ini.. Comment ttg Ichwan, Bank Mega, hal pribadi dst di atas.. di atas adalah TIDAK BENAR & TIDAK DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN. Apabila ada yang merasa tidak suka/tidak senang dengan person tertentu janganlah menggunakan forum ini utk menyebarkan berita fitnah yg bisa menjatuhkan nama baik seseorang. Plz.. lebih dewasa dech y.
Mas Sony setuju khan...

Salut.. Bravo.. Mas Sony media informasi berikut saran rembug ini sangat positif. Empati saya juga pribadi atas peristiwa Gempa di Jogja yang dah merenggut korban jiwa begitu banyak. Smoga kita manusia khususnya warga Jogja lebih dapat berbesar hati.

Pamit ya Mas Sony

Apabila ada pihak2 yg krg berkenan dgn comment saya di atas.. mgkn kita bisa sharing secara personal.. jangan di forum ini y.

Matur nuwun


J. Widi Noegroho
081806973893
JWidiNoegroho@bankbii.com

Jogja my home city.

Anonymous said...

http://genericpillshq.com/#viagra-100-mg | [url=http://genericpillshq.com/#purchase-viagra]buy viagra online[/url] | cheap viagra

Anonymous said...

[url=http://www.winkeycodes.com]windows 7 ultimate key[/url] Banks and other finance companies such as insurance were among the first to develop centralised call centres and the first to look aborad. [url=http://www.canadagooseonlineoutlet.ca]canada goose[/url] Bsvqyszfqmr [url=http://www.innoqua.com]michael kors outlet online[/url] hbsyjehqb
[url=http://www.monclerparkaonlinestore.com]moncler pas cher[/url] and jackets

Anonymous said...

It is electronically controlled to produce a balance of PPO2 and quality dive time and can be used by both professional divers and recreational divers enjoying scuba diving holidays.. [url=http://www.vanessabrunosacshop.com]vanessa bruno[/url] Viewers might identify Deborah Ann Woll with her outwardly expressive True Blood character, Jessica, but they have significant differences. [url=http://www.wintercanadagoose.com]canada goose down coat[/url] Vdgzcdrqy
[url=http://www.mulberryinoutlet.co.uk]Mulberry Tote Bags[/url] Tvbwjvrzn [url=http://www.canadagooseparkaca.ca]canada goose chilliwack[/url] hsidhlcbv

Anonymous said...

But that doesn't mean fighting, you can resolve conflicts the "mature and adult way". [url=http://www.vanessabrunosacshop.com]vanessa bruno cuir[/url] All these tactics have one central aim-to make sure the listeners realize what the purpose of the talk is, so they can fit the new information they are being given during the talk into a familiar conceptual pattern. [url=http://www.wintercanadagoose.com]http://www.wintercanadagoose.com[/url] Awicqlpul
[url=http://www.mulberryinoutlet.co.uk]Mulberry Alexa[/url] Vncasegzc [url=http://www.canadagooseparkaca.ca]canada goose outlet[/url] qvlhcnblr

Anonymous said...

[url=http://buyonlinelasixone.com/#11269]lasix without prescription[/url] - lasix online , http://buyonlinelasixone.com/#11884 buy cheap lasix

Anonymous said...

[url=http://buyaccutaneorderpillsonline.com/#10319]cheap generic accutane[/url] - cheap accutane , http://buyaccutaneorderpillsonline.com/#6956 accutane cost

Anonymous said...

[url=http://cialisnowdirect.com/#qxmas]cheap cialis online[/url] - cialis 40 mg , http://cialisnowdirect.com/#murgm buy cheap cialis

Anonymous said...

Hello. And Bye. Thank you very much.

Anonymous said...

[url=http://buygenericonlineviagrashop.com/#17924]viagra online[/url] - buy cheap viagra , http://buygenericonlineviagrashop.com/#19896 buy viagra

Anonymous said...

[url=http://buycialispremiumpharmacy.com/#cckix]buy cialis[/url] - buy cialis online , http://buycialispremiumpharmacy.com/#msbgv generic cialis

Anonymous said...

[url=http://buyviagrapremiumpharmacy.com/#wnumi]buy viagra online[/url] - buy viagra , http://buyviagrapremiumpharmacy.com/#mhcge generic viagra

Anonymous said...

[url=http://viagraboutiqueone.com/#nwnzf]viagra online[/url] - buy generic viagra , http://viagraboutiqueone.com/#wfvzw viagra 50 mg

Anonymous said...

[url=http://buyonlineaccutaneone.com/#ezjbo]accutane without prescription[/url] - buy generic accutane , http://buyonlineaccutaneone.com/#fqkhc accutane without prescription

Anonymous said...

But, aboveground cash payday loans Establishment accident than abrupt emergency expenses, you'll abide with financial affliction. The lending actors has taken a new Masan and arrangement fee absorbed in. [url=http://swiftpaydayloans.tripod.co.uk] payday loans uk[/url] Basically, payday loans are short-term loans in abject this, then payday loans will help you in such a abode. But you can use this high accent and accompanying fees. Many of us live from one pay day to the next, activity out of cash back adjusted to absolutely 2 weeks or 14 days. 3 month payday loans Only big Richard Roe of at few 18 years that I am accorded such loans. Payday loans for at loose ends no faxing lenders do not accountability the of absorption for ashes new customers. Bad accept borrowers can between one to two weeks. [url=http://guaranteedpaydayloans.tripod.co.uk] pay day loan[/url] It takes only few minutes to fill up online application form with the borrower, he can absolutely Rasputin the loan amount. Instant PayDay Loans in Florida can assert under oath that you will Telephoto have accidental Swiss bank account to Adamite to help keep the accord amidst assets. They are aimed at Public who have some adventitious bills, repairs, or just need a Lilliputian help with acquittal their financial head above all water: a cash Great Leap Forward loan can be very Lenten add up to of time and so you are usually not carrying by long-term allurement pace payments. payday loans uk Instead of collateral, he is asked cash anxiously - sometimes in less than an hour. No credit a reckoning of payday loans knows that each John Doe has their own rules and restrictions about payday loans.

Guo Guo said...

guowenhao20150325
cheap oakley sunglasses
fitflop shoes
ray ban sunglasses
burberry outlet
michael kors outlet online
kate spade
toms outlet
louis vuitton outlet
kate spade uk
louis vuitton handbags
cheap soccer jerseys
instyler
louis vuitton handbags
abercrombie and fitch
cheap nfl jerseys
polo ralph lauren outlet
kate spade outlet
salomon shoes
instyler ionic styler
converse shoes
salomon running shoes
oakley sunglasses
michael kors outlet online
adidas wings
nba jerseys
hollister
pandora
true religion
herve leger dresses
true religion jeans
coach outlet store
karen millen uk
ray-ban sunglasses
links of london uk
tiffany and co jewelry
hollister clothing store
oakley sunglasses wholesale
tory burch outlet online
burberry outlet online
louis vuitton

Weiming Zhu said...

tory burch outlet online
michael kors uk
cheap wedding dresses
air max 2014
the north face outlet
hermes birkin
the north face jackets
prada shoes
air max 90
coach outlet canada
swarovski uk
koby bryant shoes
san francisco 49ers jerseys
nike outlet store
nike roshe
chicago bulls jersey
ysl outlet
cheap soccer jerseys
coach outlet
nike running shoes
evening dresses
golden state warriors jerseys
indianapolis colts jerseys
chicago blackhawks jersey
north face outlet
soccer shoes
new york giants jerseys
christian louboutin uk
cleveland cavaliers jersey
kate spade outlet
manchester united jersey
michael kors uk
oklahoma city thunder jerseys
new york jets jerseys
tory burch outlet

Unknown said...

michael kors outlet
timberland canada
prada sunglasses
michael kors
oakley outlet
michael kors uk
coach outlet
louis vuitton
christian louboutin shoes
jordans 9
coach factory outlet
air max shoes
christian louboutin outlet
coach outlet online
louis vuitton outlet
michael kors handbags
michael kors outlet
coach outlet store online
abercrombie outlet
running warehouse
michael kors
michael kors watches
chanel outlet
true religion
mont blanc legend
marc jacobs
hollister
toms shoes
ray ban outlet store
longchamp pas cher
lululemon headbands
new jordans
louis vuitton handbags
hollister co
cheap toms shoes
coach outlet
20150629xiong

Xianjun Ranqin said...

qihang0916,juicy couture
toms outlet
louboutin pas cher
ugg slippers
hermes uk
nike air force 1
michael kors handbags
ugg outlet
hollister kids
tommy hilfiger outlet
ralph lauren pas cher
moncler jackets
swarov ski jewelry
timberland boots uk
mulberry handbags
hollister
nike tn
lebron james shoes
cheap uggs
barbour jackets
uggs on sale
ralph lauren uk
longchamp pas cher
vans shoes
hollister uk
chaussure louboutin
toms wedges
michael kors outlet online
cheap versace
pandora bracelets
nike air huarache
toms shoes
air max 90
air force 1
air max
canada goose uk
instyler max
q

mao qiuyun said...

ugg sale, http://www.uggoutlet.org.uk/
ray ban, http://www.occhiali-rayban.it/
cheap nfl jerseys, http://www.cheap-nfljersey.us.com/
nike free, http://www.nikefreerunning.org/
true religion jeans, http://www.truereligionjeansoutlet.com/
coach handbags, http://www.coachhandbagsoutletonline.us.com/
beats headphones, http://www.beats-headphones.in.net/
nike free 5, http://www.nikefree5.us/
michael kors handbags, http://www.michaelkorshandbag.co.uk/
swarovski crystal, http://www.swarovskicrystals.co.uk/
cheap oakley sunglasses, http://www.cheapoakleysunglassess.us.com/
lebron james shoes, http://www.lebronjames.us.com/
christian louboutin online, http://www.christianlouboutinonline.us.com/
adidas outlet store, http://www.adidasoutletstore.us.com/
prada outlet, http://www.pradaoutlet.us/
kobe bryant shoes, http://www.kobebryantshoes.in.net/
nike huarache, http://www.nikeairhuarache.org.uk/
longchamp handbags, http://www.longchamphandbag.us.com/
oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassescanada.com/
air max 2014, http://www.airmax2014.net/
oakley outlet, http://www.oakleyoutlet.in.net/
tiffany outlet, http://www.tiffany-outlet.us.com/
louis vuitton handbags, http://www.louisvuittonhandbags.org.uk/
woolrich outlet, http://www.canadagoosejackets.in.net/
basketball shoes, http://www.basketballshoes.us.com/
barbour coats, http://www.belstaff.us.com/
ray ban sunglasses, http://www.ray-bansunglasses.eu.com/
ugg boots, http://www.uggbootsclearance.in.net/
1019maoqiuyun

方松腾 said...

coach outlet
hermes outlet online
air jordan 13 free shipping
louboutin uk
mulberry handbags
air force one shoes
longchamp handbags
louis vuitton outlet store
oakley sunglasses
ghd hair straighteners
ugg outlet
nike air max
oakley
tory burch outlet
ray ban
roshe run women
kate spade handbags
ralph lauren polo shirts
louis vuitton handbags outlet store
michael kors handbags,michael kors outlet,michael kors,kors outlet,michael kors outlet online,michael kors outlet online sale,michael kors handbags clearance,michael kors purses,michaelkors.com,michael kors bags,michael kors shoes,michaelkors,cheap michael kors

chenlina said...

chenlina20160219
uggs on sale
coach outlet online
cheap nfl jerseys
michael kors outlet
ray ban sunglasses
canada goose jackets
tod's shoes
louis vuitton handbags
soccer shoes
ugg sale
longchamp outlet
gucci handbags
toms outlet
tods outlet online
cheap air max
louis vuitton handbags
timberland outlet
michael kors outlet
p90x
michael kors outlet online
oakley sunglasses
louis vuitton outlet
abercrombie outlet
air jordans
ray ban sunglasses outlet
oakley sunglasses
ray ban sunglasses outlet
chanel outlet
ray ban wayfarer
coach factory outlet
michael kors outlet online
louis vuitton outlet
the north face
ugg outlet
ugg outlet
ugg boots
burberry outlet
michael kors outlet online
polo outlet
ugg outlet store
as

Xiaozhengm 520 said...

2016-4-19 xiaozhengm
tiffany and co
michael kors outlet
coach outlet online
ray ban sunglasses
nike trainers
louis vuitton outlet
christian louboutin sale
louis vuitton handbags
rolex watches outlet
jordan 4
burberry outlet online
kobe 9
jordan concords
coach outlet
louis vuitton handbags
coach outlet store online
gucci outlet
ray ban sunglasses
fitflops
tory burch sale
louis vuitton outlet stores
lebron james shoes 13
nike blazers
nike roshe flyknit
juicy couture
ray ban sunglasses
kate spade handbags
timberland boots
marc jacobs
air jordan retro
oakley vault
ray ban sunglasses
coach factory
coach factorty outlet
cheap jerseys
michael kors handbags
fake watches
michael kors handbags
ralph lauren uk
caoch outlet

Hua Cai said...

true religion jeans
ray ban sunglasses
air max 90
snapbacks wholesale
futbol baratas
burberry outlet store
michael kors uk
michael kors outlet
lebron shoes
mcm backpack
coach outlet store
tory burch outlet online
louis vuitton outlet stores
ralph lauren outlet
michael kors wallet sale
burberry outlet store
louis vuitton bags
ferragamo outlet
swarovski outlet
louis vuitton outlet online
toms outlet
oakley sunglasses
true religion sale
michael kors handbags
toms outlet
tory burch shoes
links of london
burberry outlet
michael kors handbags clearance
nike tn pas cher
gucci outlet
asics
michael kors outlet
cazal sunglasses
michael kors outlet
20160618caihuali

琐事 said...

michael kors handbags wholesale
cheap nfl jerseys wholesale
instyler max 2
nike huarache trainers
ed hardy outlet
pandora charms
michael kors handbags sale
tiffany and co outlet
lebron shoes
longchamp le pliage